Organisasi adalah satu jenis wadah aspirasi masyarakat yang dibuat oleh orang-orang dengan tujuan dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu yang sebesar-besarnya. untuk itu dibutuh beberapa unsur dalam organisasi tersebut. Ada pun 7 unsur untuk organisasi yang baik yaitu :
A. Nilai & Visi
Nilai adalah suatu keyakinan/ pandangan untuk membentuk sebuah pilihan. Untuk itu perlunya nilai dalam organisasi agar dalam menjalankan organisasi dapat menjalankannya dengan terarah dan tepat.
Sedangkan Visi adalah sebuah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Visi lebih terkonsentrasi ke masa depan (jangka panjang, future) dan cenderung merupakan pernyataan yang sifatnya strategis.
B. Misi
Misi adalah pernyataan-pernyataan yang mendefinsikan apa yang sedang/akan dilakukan atau ingin dicapai dalam waktu (sangat) dekat atau saat ini. Misi lebih terkonsentrasi ke saat ini dan merupakan target-target yang sifatnya lebih operasional yang mungkin dikaitkan dengan customer, proses-proses dalam organisasi, serta tingkat kinerja yang diinginkan.
C. Aturan
Aturan adalah batasan-batasan seseorang dalam menjalankan organisasi yang dimana telah disetujui oleh semua pihak dan biasanya dalam bentuk tertulis dan memiliki sebuah sanksi. Aturan ini sangat penting karena setiap anggota memiliki wewenang yang berbeda dalam menjalankan organisasi tersebut dan dapat menjaga terjadinya konflik antar anggota.
D. Profesionalisme
Profesionalisme adalah suatu sikap seseorang dalam menjalankan suatu pekerjaan agar dapat mejalankannya berjalan dengan baik dan benar. Tentunya membutuhkan mental dan strategi yg baik.
E. Intensif
Intensif adalah Melakukan segala sesuatu dengan cara terus menerus atau tepat waktu. Apa bila dalam organasasi terdapat intensif maka menghasilkan hasil yang optimal.
F. Sumber Daya
Dalam organisasi sumber daya sangatlah penting karena sumber daya yang dimaksud adalah manusia yaitu orang yang menjalankan suatu organisasi apabila sumber dayanya baik maka akan baik pula organisasi itu dan sebaliknya.
G. Rencana Kerja
Rencana kerja sangatlah perlu diperhatikan dalam berorganisasi karena berfungsi sebagai proses berjalannya organisasi. Apa bila tidak ada rencana kerja dalam organisasi maka akan mengakibatkan salah langkah dan ketidakteraturan dalam berorganisasi.
Dari semua unsur sangatlah penting untuk diperhatikan dalam membentuk suatu organisasi agar tujuannya dapat tercapai dengan baik dan cepat.
No comments:
Post a Comment