Pages

Monday, November 23, 2009

Mengenal Konflik


Konflik adalah kondisi yang timbul karena adanya pihak yang saling bertentengan baik itu perbedaan pendapat, persaingan dan permusuhan. Konflik tidak selalu harus dihindari karena tidak selalu berakibat negatif . Berbagai konflik yang ringan dan dapat dikendalikan dan dapat berakibat positif bagi mereka yang terlibat maupun bagi organisasi.

Adapun faktor penyebab terjadinya konflik, yaitu :

- Komunikasi yang buruk, dalam arti komunikasi yang menimbulkan kesalahpahaman antara pihak-pihak yang terlibat, dapat menjadi sumber konflik.

- Struktur dalam artian yang mencakup: ukuran (kelompok), derajat spesialisasi yang diberikan kepada anggota kelompok, kejelasan jurisdiksi (wilayah kerja), kecocokan antara tujuan anggota dengan tujuan kelompok, gaya kepemimpinan, sistem imbalan, dan derajat ketergantungan antara kelompok.

- Faktor pribadi, yang meliputi: sistem nilai yang dimiliki tiap-tiap individu
karakteristik kepribadian yang menyebabkan individu memiliki keunikan dan berbeda dengan individu yang lain.

Dalam konflik itu sendiri memiliki dampak dalam suatu pengambilan keputusan untuk menjalankan organisasi, oleh karena itu di butuhkan solusi untuk menanangani konflik tersebut dengan beberapa cara sebagai berikut :

·         Mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui pihak-pihak yang terlibat. Kita dapat mengidentifikasi kepentingan apa saja yang mereka miliki, bagaimana nilai dan sikap mereka atas konflik tersebut dan apa perasaan mereka atas terjadinya konflik. Kesempatan kita untuk sukses dalam menangani konflik semakin besar jika kita meliha konflik yang terjadi dari semua sudut pandang.
·         Mengidentifikasi sumber konflik. Konflik tidak muncul begitu saja. Sumber konflik sebaiknya dapat teridentifikasi sehingga sasaran penanganannya lebih terarah kepada sebab konflik.
·         Akomodasi yaitu jika kita mengalah dan  mengorbankan  beberapa  kepentingan  sendiri agar pihak lain mendapat keuntungan dari situasi konflik itu.
·         Kompromi  yaitu  tindakan yang dapat dilakukan jika ke dua belah pihak merasa bahwa kedua hal tersebut sama –sama penting dan hubungan baik menjadi yang utama.

Jadi, konflik dapat dijadikan suatu pembelajaran dalam berorganisasi dan seorang pemimpin haruslah bisa menangani sebuah konflik agar tujuan dari organisasi dapat tercapai.

No comments:

Post a Comment